Collections of Views, Opinions, and Analysis on Indonesian Capital Market by Market Movers, Experts and Forecasters.

Wednesday, March 25, 2009

Pemikiran-Pemikiran Baru dari Tim Ekonomi AS

Beberapa point yang saya rangkumkan dalam trend government policy making dari Tim Ekonomi AS (Obama, Tim Geithner, dan Lawrence Summers) :
1. Tim Geithner percaya bahwa dalam krisis moneter ini over involvement dari pemerintah AS lebih baik dari under involvement.
2. Yang bakal diuntungkan dari kebijaksanaan fiskal adalah bank and institutisi financial. Yang dirugikan adalah pengusaha kecil di mana pajak penghasilan akan dinaikkan untuk menutupi defisit.
3. Tim ekonomi AS menyiapkan sekitar $1 trillion untuk membeli toxic aset. Mereka akan berusaha merangkul pihak swasta masuk ke pasar untuk membagi resiko . Mereka percaya swasta mempunyai kelebihan dalam mengevaluasikan harga aset yang tidak likuid tsb supaya tidak kelebihan bayar.
4. Tim ekonomi AS percaya bahwa memisahkan asset yg bermasalah tersebut dari pembukuan bank akan meningkatkan persentase modal terhadap utang. Efek dari kebijaksanaan tersebut akan memberikan ruang nafas buat bank untuk meningkatkan kredit ke ekonomi.
5. Tim ekonomi AS melihat pentingnya untuk menghidupkan kembali "shadow banking" dengan membeli aset-aset bermasalah tsb. Shadow banking adalah kreditor yang bukan bank. Kreditor ini seperti reksa dana, hedge fund and sebagainya. Mereka mengingkinkan kongress AS memberi wewenang kepada mereka untuk membantu instutitusi bukan bank juga.

No comments:

Post a Comment